SOAL OLIMPIADE ITS

SOAL OLIMPIADE ITS

Bapak/ Ibu guru pembina olimpiade maupun orang tua/ walimurid yang sering membimbing putra-putrinya pasti sering mencari sumber2 soal untuk mendampingi dalam belajar.

OMITS (Olimpiade Matematika ITS) merupakan ajang olimpiade matematika tahunan yang diselenggarakan oleh ITS. Pesertanya tidak sedikit, bahkan bisa dikatakan mencakup seluruh wilayah di Inddonesia.

Nah, bagaimana dan apa saja soal OMITS tersebut?

soal omits its

Olimpiade Matematika ITS (OMITS) merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Matematika Institut Teknologi Sepuluh Nopember ( HIMATIKA ITS ) yang berupa olimpiade tingkat nasional sebagai salah satu perwujudan untuk mendukung tujuan Pendidikan Nasional berdasarkan UUD 1945 yaitu meningkatkan kecerdasan dan keterampilan, mempertinggi budi pekerti, memperkuat kepribadian serta mempertebal semangat kebangsaan cinta tanah air sehingga pendidikan nasional dapat menghasilkan manusia berkualitas yang dapat membangun diri sendiri serta bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa baik secara fisik maupun mental.

FAKTA OMITS
Berdasarkan prestasi keberhasilan OMITS sebelumnya antara lain :


  • Salah Satu Olimpiade Matematika terbesar di Indonesia.
  • OMITS 2007 meraih rekor MURI atas prestasi Penyelenggara pengujian Kubus Ajaib bersifat dinamis bergerak.
  • Merebutkan Piala Mendikbud, Kepresiden RI, dan Gubernur Jatim secara bergilir.
  • Mampu menarik animo siswa SD, SMP dan SMA pada OMITS 2016, sehingga dapat mencapai total lebih dari 10000 peserta.
  • HIMATIKA ITS terbukti berkualitas dan berpengalaman dalam menyelenggarakan Olimpiade Matematika tingkat nasional dan telah mampu melakukan pencitraan OMITS yang baik di kalangan pelajar.

Berikut saya sediakan beberapa soal yang kebetulan saya dapat dengan referensi beberapa laman yang membahas tentang lomba tersebut. Untuk soal kali ini belum ada pembahasan, hanya berupa soal yang mudah-mudahan bisa menjadi referensi dalam membina putra-putri Bapak/ Ibu.

Soal ini merupakan soal yang dibuat oleh Institut Teknologi Surabaya, ajang ini menjadi acara rutinan ITS dalam menyelenggarakan olimpiade Matematika tingkat nasional. Demikian, semoga bermanfaat.

Materi Soal OMITS

Soal OMITS SD 2011

Soal OMITS SD 2012 Penyisihan
Soal OMITS SD 2012 Semi final

Soal OMITS SD 2013 Penyisihan
Soal OMITS SD 2013 Semi final

DMCA.com Protection Status

Comments