MEMBUAT COVER BUKU SEDERHANA Ms. WORD

MEMBUAT COVER BUKU SEDERHANA Ms. WORD

MEMBUAT COVER BUKU SEDERHANA Ms. WORD
Oleh: Nur Kholis Huda, M.Pd.

Sebagai penulis, pastinya kita akan berhubungan dengan pembuatan cover buku. Kita sering dibuat pusing dalam pembuatan cover tersebut. Banyak penyebab yang membuat kita kesulitan dalam pengerjaan cover, mulai dari kurang mahir dalam aplikasi desain, kurang paham tentang tata peletakan desain, kurang mempunyai seni dalam desain, dan penyebab-penyebab lainnya. Tapi kawan-kawan tidak perlu khawatir, berikut adalah cara cepat dalam pembuatan cover buku.

Cover merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sebuah buku. Isi yang tertuang dalam buku akan sedikit berkurang jika cover yang disajikan kurang menarik. Bagi seorang penulis, pastinya sudah terbiasa membuat cover buku yang menarik dengan menggunakan aplikasi-aplikasi multimedia canggih seperti adobe photoshop, adobe CS, corel draw, dan jenis aplikasi design lainnya. Namun bagi seseorang yang belum menguasai aplikasi-aplikasi tersebut pasti akan mengalami kesulitan dalam membuat cover.
Bagi para punulis yang belum menguasai aplikasi desain tidak perlu khawatir, karena kita pun juga bisa membuat cover buku menggunakan Microsoft Office Word. Pastinya kawan-kawan sudah bisa menggunakannya kan?. Karena program Word ini sudah banyak dikenal oleh masyarakat secara umum. Memang biasanya Microsoft Word digunakan dalam urusan mengetik atau yang berkaitan dengan kalimat.
Ketika menggunakan Microsoft Word ini kita dapat memulai membuat desain cover sederhana yang kita inginkan. Kita bisa menggunakan kombinasi gambar dan teks yang sudah disediakan Microsoft Word dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Buka Microsoft Word 2007, 2010 ataupun 2013. Disini saya menggunakan Microsoft Office 2013.
  2. Pada tampilan menu, pilih tombol “insert”.
  3. Setelah itu kita pilih cover page, pada bagian cover page akan muncul variasi jenis cover yang tersedia. Kita bisa memilih sesuai selera cover yang kita inginkan
  4. Setelah kita memilih salah satu jenis cover page, maka tampilan kita akan berubah seperti coverpage yang telah kita pilih.
  5. Pada tampilan yang telah kita pilih, kita bisa mengedit teks, menambahkan gambar, mengubah warna,sesuai kebutuhan kita.
  6. Jika sudah selesai, kita save hasil kerja kita dan cover sederhana buatan kita sudah siap digunakan.

Dari langkah-langkah tersebut, kita bisa mencoba untuk membuat cover buku hasil kreasi kita sendiri. Memang jika dibandingkan dengan photoshop tentunya desain cover akan jauh lebih spesifik dari segi gambar dan warnanya. Akan tetapi bagi para pemula yang belum menguasai program ataupun aplikasi desain seperti photoshop, cara ini sebagai alternatif solusi untuk membuat cover buku.

Comments