Festival dan Lomba Literasi Nasional SD 2018

Festival dan Lomba Literasi Nasional SD 2018



Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah melaksanakan Festival dan Lomba Literasi Nasional Sekolah Dasar tahun 2018. Penyelenggaraan lomba tersebut merupakan sarana bagi peserta didik untuk menumbuhkan budaya literasi sejak dini, serta dapat menyalurkan bakat dan kemampuan yang mereka miliki di bidang sastra. Diharapkan peserta didik akan termotivasi untuk menggemari sastra sejak dini dan dapat memunculkan sastrawan-sastrawan baru yang dapat mengharumkan daerah di tingkat nasional. Di samping itu diharapkan juga dapat menunjukkan kepada dunia bahwa bangsa dan negara Indonesia mampu bersaing di tingkat internasional di masa depan, khususnya di bidang sastra.

Tema: Bangga Menjadi Anak Indonesia yang Kaya dengan Keragaman Budaya

Peserta Festival dan Lomba Literasi Nasional SD 2018, sebagai berikut:
  • Peserta adalah Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Peserta adalah siswa SD/ MI dan atau yang sederajat pada tahun pelajaran 2018/ 2019 masih berstatus sebagai peserta didik.
  • Peserta belum pernah menjadi juara I, II, dan III tingkat nasional pada lomba apresiasi sastra (menulis cerpen, pantun, syair, membaca puisi dan mendongeng) yang diselenggarakan oleh kemendikbud
  • Finalis adalah siswa yang mengirimkan karya pada lomba festival dan lomba literasi nasional dan dinyatakan lolos seleksi sejumlah 165 (seratus enam puluh lima) peserta.
Batas waktu pengiriman karya paling lambat 31 Agustus 2018 (cap pos).

Untuk juknis secara lengkap pada masing-masing bidang lomba, silahkan download pada tautan berikut.

Juknis Festival dan Lomba Literasi Nasional SD 2018 dapat diunduh pada tautan di bawah ini.
https://drive.google.com/file/d/11L8Kv1JstV-0lWs_wZueIzalzZtTyFU3/view

Comments