Memetik Hikmah dari Kekalahan

Memetik Hikmah dari Kekalahan

Manusia terlahir sebagai makhluk yang memiliki kesempurnaan karena dianugerahi otak dan hawa nafsu. Dalam sebuah perlombaan, setiap manusia pastinya menginginkan sebuah kemenangan. Namun, pernahkah kalian merasakan kekalahan?.

Saya pribadi sangat sering mengalami kekalahan, dalam kalimat lain, saya tidak kalah tetapi belum menang (hehe). Jika kita menanggapi kekalahan dengan kekecewaan, maka kita akan merugi. Kekalahan adalah suatu hal yang wajar, yang pasti akan terjadi dalam perjalanan kehidupan. Namun, dibalik kekalahan kita bisa mengambil beragam hikmah. Salah satunya, kekalahan akan menjadi motivasi kuat bagi diri kita sendiri. Bayangkan, jika kita selalu menang. Apa tidak membosankan? heuheu.

Untuk itu, khususnya kepada anak-anakku, mari kita memetik hikmah dari sebuah kekalahan. Alihkan pikiran kita menuju hal yang positif, bahwa ada rencana besar Tuhan dibalik kekalahan kita. Yakinlah, suatu saat kemenangan besar akan kita tuai dari jerih payah dan kerja keras kita untuk meraih kesuksesan.

Salam.

Comments