Reaksi Gelap dan Terang pada Fotosintesis

Reaksi Gelap dan Terang pada Fotosintesis

Fotosintesis pada Tumbuhan Hijau akan berlangsung pada dua tahapan yaitu:


Reaksi gelap fotosintesis
Reaksi gelap fotosintesis itu adalah sebuah reaksi yang bersifat reaksi lanjutan dari adanya sebuah reaksi terang. Reaksi gelap merupakan sebuah proses fotosintesis yang tidak memerlukan energi cahaya. Reaksi gelap ini terjadi di dalam kloroplas yang sering disebut dengan istilah stroma. Bahan dari reaksi gelap ini meliputi ATP dan juga NADPH, yang mana bahan tersebut dihasilkan dari adanya reaksi terang, serta CO2, yang dihasilkan dari sebuah udara yang bebas.

Dari tahapan reaksi gelap tersebut akan dihasilkan sebuah zat berupa glukosa atau C6H12O6, yang dibutuhkan untuk keperluan reaksi katabolisme. Reaksi gelap ditemukan oleh seorang ahli bernama Melvin Calvin dan juga Andrew Benson, maka dari itu reaksi gelap juga disebut dengan istilah reaksi Calvin Benson.
 
Reaksi terang fotosintesis
Reaksi terang merupakan tahapan yang pertama dari adanya sistem fotosintesis. Reaksi terang fotosintesis ini sangat bergantung pada sinar matahari. Reaksi terang fotosintesis itu merupakan suatu penggerak untuk reaksi pengikatanzat CO2 dari udara.

Reaksi terang akan melibatkan beberapa buah kompleks protein yang berasal dari suatu membran tilakoid dan terdiri dari suatu sistem cahaya, sistem pembawa zat elektron, serta komplek protein dalam pembentuk ATP atau enzim ATP sintase. Reaksi terang akan merubah suatu energi cahaya menjadi suatu energi kimia, dan akan mendaptkan oksigen serta merubah ADP dan NADP menjadi suatu energi pembawa ATP dan NADPH. Reaksi terang fotosintesis terjadi pada tilakoid.

Comments