MEMBANDINGKAN SNAPDRAGON 845 DENGAN DIMENSITY 1200

MEMBANDINGKAN SNAPDRAGON 845 DENGAN DIMENSITY 1200


Akhir tahun, khalayak warga gadget selalu dihebohkan dengan peluncuran inovasi baru dari masing-masing vendor. Semua varian merk gadget menawarkan type terbaru dengan segala keunggulan dan kekurangan.

Saya termasuk orang yang sering berganti type smartphone. Selain untuk mencari pengalaman mencoba, juga menyesuaikan kebutuhan perkembangan zaman. Terakhir kalinya, sekitar dua tahun lalu, saya mencoba Blackshark dengan varian 8/128. Mungkin kali ini saya bisa setia lebih lama dengan type yang sama.

Di tahun 2021, saya dibuat tertarik dengan muncullnya chipset Mediatek Dimensity 1200. Sepengalaman dulu, Mediatek terkenal cepat panas, bahkan sangat panas. Saya sendiri pun pernah merasakan, smartphone hingga berbunyi sebagai penanda suhu sangat tinggi. Dipegang pun mirip seperti setrika.

Setelah membaca beberapa opini pengguna dengan bekal referensinya di jagad maya, Dimensity 1200 ini kuat menggoda untuk dicoba. Mulai mencari, dan mengerucut pada type Mi11T dari salah satu merk kegemaran.

Perbandingan BS 1 dengan Mi 11T

Setelah menggunakan Mediatek Dimensity 1200, saya mencoba mencari sensasi pembanding dengan type sebelumnya, Blackshark dengan menggunakan Snapdragon 845. Awal menyalakan seakan tidak ada beda signifikan. Secara kecepatan bisa dikatakan sama, masih tetap sama wat-wet tidak ada kendala. Saya juga belum merasakan perbedaan lebih cepat atau lebih lambat antara Snap 845 dengan Dimensity 1200 ini, mungkin belum menguji ke tingkat-tingkat berat ataupun ekstrim sehingga bisa berjumpa pembeda besarnya.

Namun, yang paling terasa, Mi11T memang terasa lebih smooth dan stabil. Ya, memang sebenarnya berbeda secara tujuan produksi antara Blackshark dengan Mi11T. BS lebih condong ke gamer sedangkan Mi11T lebih ke daily high quality.

Setelah beberapa hari penggunaan, berikut rinciannya:

  • Daya tahan baterai Mi 11 T lebih lama.
  • Pengisian baterai Mi 11 T lebih cepat
  • Kualitas kamera 5 kali lebih bagus Mi 11T (ya karena BS memang untuk gaming)
  • Type jaringan Mi 11 T sudah 5G
  • Kualitas sinyal jaringan lebih kuat Mi 11 T
  • Resolusi layar Mi 11 T lebih tinggi (2400 x 1080)
  • Mi 11 T sudah didukung NFC
Secara garis besar, Mi11T sangat cocok sekali untuk penggunaan dailly dengan kebutuhan kamera, tugas kantoran, hingga bermain game kelas-kelas menengah. 

Ya, namanya juga keluaran terbaru, kalau dibandingkan dengan smartphone yang beberapa tahun lalu launching, dan kalah, ya lebih baik tutup pabrik saja vendornya. Heuheu.

DMCA.com Protection Status

Comments