CERPEN SISWA: MAYA ANAK YANG RAJIN

CERPEN SISWA: MAYA ANAK YANG RAJIN




Maya Anak yang Rajin
Karya: Jihan Azzaria Al Azza
SD Negeri Jetis 3 Lamongan

Maya adalah anak yang rajin maya terlahir dari keluarga yang sederhana dan kurang mampu ia selalu membantu kedua orang tuanya hampir tiap hari. Setiap pulang sekolah ia selalu membantu ibunya berjualan makanan-makanan kecil,jajan,dan kue. Bahkan kalau sempat ibunya menitipkan makanan di kantin sekolah maya selain itu maya anak yang pintar di sekolahnya setiap ada lomba maya selalu ikut terkadang menang dan kalah tetapi maya tidak putus asa maya tetap semangat untuk mengikuti lomba -lomba lainya dia selalu membanggakan kedua orang tuanya.
Pada saat berangkat ke sekolah maya menemukan sebuah dompet di tepi jalan. Tetapi maya tidak mau mengambilnya karena maya takut tetapi maya penasaran dengan isi dompet itu dan akhirnya maya mengambil dompet itu. Didalamnya ada ktp orang yang kehilangan dompet ternyata dompet itu milik ayahnya rahmi maya ingin mengantarkannya tapi maya takut terlambat sekolah ."bagaimana ya aku mengantarkannya atau pergi ke sekolah ya "kata maya dan akhirnya maya memutuskan untuk mengantarkan dompet itu maya mengantarkan ke alamat yang ada di ktp sesampainya di rumah fahmi "tok tok tok ,assalamualaikum -assalamualaikum "kata maya sambil terburu-buru "waalaikumsalam Adek siapa ya?"kata ayahnya rahmi "saya maya om temanya rahmi,saya tadi menemukan dompet om di jalan!!"kata maya"oh kamu maya temanya rahmi, dan soal dompet om tidak menyadari kali dompet om jatuh karena tadi om sangat terburu -buru ,makasih ya maya kamu sudah mengantarkan dompet om !!! Ini ada sedikit imbalan untukmu!!"kata ayah rahmi  sedikit imbalan untukmu!!"kata ayah rahmi  "iya sama -sama om saya tidak mau menerima imbalan dari om karena saya melakukannya dengan ikhlas ,kalau begitu saya pamit dulu ya om !!"kata maya "oh iya hati-hati di jalan ya maya !!!"kata ayah rahmi.    
Sesampainya di sekolah badanya maya terasa sangat lelah dan capek.  maya cepat -cepat masuk kelas dan beristirahat tiba tiba saat maya masuk ke kelas maya terkejut karena sahabat-sahabat maya seperti rahmi,wulan,mela,dll memberikan kejutan dan kado untuk maya "wahh!!,terima kasih teman teman aku sangat terkejut kenapa kalian repot -repot memberikannya kejutan aku saja benar -benar lupa dengan ulang tahun ku sendiri. "kata maya  "tak apa -apa kamu tidak repot kok ini kan hanya kejutan biasa dan sederhana "kata sahabat maya "bagi kalian biasa tapi bagi aku ini luar bisa sekali lagi biasa tapi bagi aku ini luar bisa sekali lagi aku terimah kasih pada kalian !!"kata maya bel pun bernunyi "kringggg kringggg " andi sang ketua kelas pun menyuruh anak-anak untuk segera berbaris. "ayo ayo kita baris semakin cepat semakin baik !!"kata andi "iya iya sabar kalek "kata doni sambil kesal
Di dalam kelas bu fani pun datang menyampaikan pengemuman "anak -anak besok akan ada lomba lupa (matematika &ipa) kira-kira siapa yang akan ikut lomba "kata bu fani semua murid terdiam terkecuali maya si seorang yang mengangkat tangan sendiri "bu saya mau ikut lomba mipa"kata maya "kalau kamu mau ikut nanti daftar ke saya ya !,nanti kamu ikut saya ke kantor ya !"kata bu fani" iya bu nanti saya ikut ke kantor "kata maya.Istirahat pun tiba semua murid mendekati maya "wah maya kamu memang anak yang percaya diri dan mau mencoba "kata wulan  "ahh tidak usah di besar -besarkan aku hanya ingin mencoba saja kalian kalau ada kemauan kalian juga boleh ikut kan tidak ada salahnya untuk mencoba sudah ya aku mau ke kantor dulu "kata maya sambil memotivasi.
Sesampainya di kantor "tok tok tok" "oh kamu maya ibu kira kamu siapa ,sini masuk ,isi formulir ini untuk mendaftar sebagai peserta lomba mipa "kata bu fani "iya bu "kata maya.
Keesokan harinya lomba pun tiba lomba itu dilaksanakan di smp 1 LA semua teman -teman maya kesitu untuk menyemangati maya di sana sangat seru lomba pun berakhir.pengumuman pun tiba semua teman -teman maya ingin tahu apa hasil yang didapat maya. Begitu juga maya sangat gugup dan dilihat ternyata maya mendapatkan juara 2 sekecamatan "alhamdulilah ya allah!! terima kasih atas dukungan teman -teman dan guru -guru semua atas dukungannya di sampaikan terima kasih "iya sama -sama maya kami hanya ingin memberikan semangat. untukmu kami juga ingin yang terbaik untuk kamu "kata teman -teman maya dan guru -guru maya" ayo pulang teman -teman dan guru -guru"kata maya.
Sesampainya di rumah maya menceritakan kejadian yang ada di tempat lomba tadi " ibu ,bapak tadi disana aku sangat senang sekali karena aku mendapatkan juara 2 sekecamatan "kata maya sambil senang "alhamdulilah nak  kamu mendapatkan juara 2sekecamatan "kata orang tua maya "yaudah pak ,buk saya masuk kamar dulu saya sangat capek sekali "kata maya sambil terengah -engah"iya nak"kata ibu maya .sorenya maya sehabis bangun tidur maya shalat ashar dan mandi dan berberes untuk pergi mengaji di musholla  Sesampainya di musholla maya bertemu dengan wulan ,mela,dan rahmi  Pak ustad pun datang dan mengaji pun segera di mulai "wulan coba baca halaman selanjutnya"kata pak ustad "iya pak "kata wulan  ngaji pun berakhir dan semua pulang ke rumah.

Comments