CONTOH NASKAH PIDATO TENTANG NARKOBA

CONTOH NASKAH PIDATO TENTANG NARKOBA


AYO JAUHI NARKOBA

Assalamualaikum Wr. Wb.

Dewan juri yang saya hormati
Dan teman-teman santri yang saya sayangi
Dan teman-teman yang saya sayangi

Marilah kita haturkan  puji dan syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat Iman dan Islam. Nikmat terbesar sepanjang zaman yang dengannya kita dapat melangkahkan kaki di akhirat dalam naungan keridhoan Alloh.
Sholawat dan salam marilah senantiasa kita lantunkan kepada nabi kita yang mulia, menjadi muslim yang baik

Hadirin yang dimuliakan Alloh
Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan menyampaikan sebuah kajian kecil tentang pentingnya kita sebagai generasi muda agar menjauhi narkoba. Alloh berfirman dalam al-quran  surat al-Baqoroh ayat 219,

Baca juga Contoh Pidato tentang Maulid Nabi

Artinya
Mereka bertanya kepadamu tentang khamr dan judi. Katakanlah: "Pada keduanya terdapat dosa yang besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya".
Hadirin yang dimuliakan Alloh
Narkoba adalah segala bentuk bahan-bahan alami maupun buatan yang dapat membahayakan tubuh manusia dan dapat menimbulkan ketagihan kepada siapa yang menggunakannya. Sesuai dengan ayat yang telah saya bacakan sebelumnya, narkoba dapat dikelompokkan ke dalam jenis khamr.
dalam hadits riwayat Ahmad dan Abu Dawud

Setiap yang memabukkan adalah khamr, dan setiap khamr adalah haram.
Jika khamr saja memiliki kerugian yang besar, apa lagi dengan narkoba. Hampir tidak dapat kita jumpai manfaat dari pemakaian narkoba. Yang kita dapatkan justru kerugian dan kebinasaan. Maka dari itu, narkoba harus kita jauhi.

Hadirin yang dirahmati Alloh
Mengapa narkoba harus kita jauhi?
Alasan yang pertama, narkoba adalah barang yang haram. Alloh telah mengharamkan khamr karena meminum khamr merupakan perbuatan syaitan. Alloh berfirman dalam surat al-Maidah ayat 90


Artinya
Hai orang-orang yang beriman, Sesungguhnya (meminum) khamr, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.
Narkoba terdiri berbagai jenis. Narkoba merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika dan obat-obatan terlarang. Contoh-contoh narkoba antara lain adalah ganja, sabu-sabu, ekstasi, putaw, heroin, dan zat-zat aditif berbahaya lainnya. Semua adalah barang-barang yang diharamkan untuk dikonsumsi.

Hadirin yang dirahmati Alloh
Alasan yang kedua, kerugian yang ditimbulkan oleh narkoba banyak sekali. Kerugian tersebut dapat berupa kerugian fisik dan psikis, materi dan nonmateri.

Hadirin yang dimuliakan Alloh
Betapa mengerikan akibat yang terjadi ketika generasi muda menggunakan narkoba. Kita tentu tidak ingin negeri ini dikuasai oleh bangsa lain karena kelemahan dan kebodohan kita sendiri. Maka dari itu, saya mengajak diri saya sendiri khususnya dan hadirin pada umumnya untuk bersama-sama menjauhi dan menjauhkan narkoba dari kehidupan kita agar kita selamat dari kehancuran di dunia dan laknat Alloh di akhirat.
Narkoba adalah musuh kita bersama. Musuh umat Islam sedunia. Musuh kita di dunia dan di akhirat. Generasi muda harus jauh dari narkoba. Generasi muda harus benci narkoba. Generasi muda harus membuang jauh-jauh narkoba dari pikirannya. Generasi muda harus sadar akan bahaya narkoba yang telah mengancam kehidupan kita.
Mari kita ikrarkan “say no to drugs”.kita sambut masa depan dengan keimanan dan kecerdasan, tanpa dikotori oleh narkoba. Agar negeri ini kembali makmur dan sejahtera serta diberkahi oleh Allah SWT.

Hadirin yang dirahmati Alloh
Demikianlah kajian yang dapat saya sampaikan. Semoga ada manfaat yang dapat kita ambil. Apa bila terdapat kebaikan dari apa yang saya sampaikan, itu semata-mata datangnya dari Alloh. Apabila terdapat kesalahan itu datangnya dari syaitan dan kebodohan saya sendiri.
Subhanakallohumma wabihamdika asyhadu anlaa ilaaha illaa anta astaghfiruka wa atubu ilaik
Billahit taufiq wal hidayah wa ridho wal inayah
Wassalamu’alaikum wr.wb

Comments