MODUL PKB SD KELAS TINGGI REVISI 2018

MODUL PKB SD KELAS TINGGI REVISI 2018

Pada tahun 2018, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan menyelenggarakan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Pendidikan dan Pelatihan Guru berbasis komunitas GTK. Tujuannya untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional yang dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru (UKG) bagi guru kelas, guru mapel dan guru Bimbingan Konseling (BK) untuk semua jenjang pendidikan dengan rata-rata nasional yaitu 75 dan melalui Uji Kompetensi Keahlian (UKK) bagi guru kejuruan.


Dengan meningkatnya nilai minimal, maka rapor PKB pada tahun ini meningkat pula warna merahnya. P4TK PKn IPS sebagai pelaksana kegiatan PKB Dirjen GTK Kemdikbud, kembali memberikan pembekalan IN PKB yang nanti akan diterjunkan di daerah masing-masing.

Pembekalan IN untuk jenjang SD Kelas Awal dan Kelas Tinggi diselenggarakan pada tanggal 4 s.d. 10 September 2018 di Fariz Hotel Malang. Kegiatan ini diselenggarakan secara bergelombang. Pada gelombang ini diikuti oleh 10 kabupaten/ kota dengan jumlah peserta 80 (40 peserta kelas awal dan 40 peserta kelas tinggi)


Sebagai peserta pelatihan IN PKB ini, saya mendapat paket modul lengkap kelas awal dan kelas tinggi. Pada intinya, modul A-J tidak jauh berbeda pada muatan kajiannya, namun perbedaan modul KK A-J tahun ini (revisi 2018) diantaranya adalah memuat PPK, kurikulum 2013, dan penerapan HOTS dalam materi.

Materi HOTS sangat dibutuhkan pendidik untuk mencetak generasi emas sesuai tuntutan revolusi  industri 4.0, menurut Istiqomah sebagai narasumber. Dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi, peserta didik dapat menyelesaikan masalah dalam beberapa sudut pandang.

Berikut modul KK A - J revisi 2018 yang bisa diunduh dengan mengikuti tautan. Semoga bermanfaat.


MODUL KK A

MODUL KK B

MODUL KK C

MODUL KK D

MODUL KK E

MODUL KK F

MODUL KK G

MODUL KK H

MODUL KK I

MODUL KK J

Comments

Pudin Hardi said…
Trima kasih pak, kelas bawahnya sudah ada?
Nur Kholis Huda said…
Ada Pak Pudin
https://www.nurkholishuda.com/2018/09/modul-pkb-sd-kelas-awal-revisi-2018.html
endang mbot said…
Terima kash pak, smgat bermanfaat sekali