MENCARI UANG SEBAGAI BLOGGER?

MENCARI UANG SEBAGAI BLOGGER?

mencari uang sebagai blogger

Salam damai sobat blogger, calon blogger, atau yang baru mendengar istilah blogger. Ya, blogger adalah orang-orang kreatif yang menorehkan idenya dengan menulis di blog (gratis atau berbayar).

Awal mendengar kisah inspiratif dari orang-orang yang mendapat gaji dari "ngeblog", entah itu lewat adsense atau penyedia iklan lainnya, rasa penasaran membuncah. Buas, terengah-engah, seperti piaraan sehabis ditinggal majikan libur lebaran, kurang makan.

Saya berpikir semua itu mudah.

Nah, sobat, kali ini saya tidak mengajarkan cara mendapat uang dari blog ya. Saya hanya berbagi pengalaman saja.

Rendahnya Minat Baca

Blog identik dengan tulisan. Kalau membuka blog artinya membaca. Dengan minat baca saat ini, mungkinkah blog banyak diminati?. Jawaban saya bisa iya bisa tidak. Kenapa iya, kenapa tidak?

Secara umum, masyarakat kita lebih memilih panduan instan. Lewat apa? Ya youtube yang lebih mudah. Jadi ketertarikan blog yang berisi artikel kurang diminati dibandingkan penyedia konten video tersebut.

Lalu, apa blog tidak laku? Ya tidak juga. Nah terus siapa yang mencari?
Nah, begini sobat. Blog yang masih bisa bersaing saat ini adalah yang berisi konten unduhan, misal: artikel, soal, atau tulisan apapun yang dibutuhkan tetapi melalui link download (google drive, dropbox, atau yang berbayar). Selain itu, ya berita-berita terupdate. Kita bisa lihat media saat ini banyak yang beralih ke digital, nah kalau seperti ini kita mau bersaing? Berat sobat, kita tidak akan kuat.

Solusi satu-satunya dalam bermain blog adalah dengan banyak memberikan layanan unduhan dokumen-dokumen penting, baik dalam dunia pendidikan atau lainnya.

Ya, meski masih banyak sih yang tidak tergantikan tanpa tulisan, seperti script atau lainnya. Tapi secara garis besar, bersaing mencari uang di dunia blogger dengan mengandalkan tulisan-tulisan pribadi. Byuuh, berat tuan yang budiman.

Mendompleng Media Berhonor

Kita sering melihat, sebuah blog yang menyediakan registrasi akun dan mengizinkan penulis berkontribusi bukan? Nah, blog-blog tersebut pastinya untungnya besar-besaran. Selain tanpa susah menulis, juga tanpa berbagi royalty kepada kontributor-kontributornya. Ya kalau hanya untuk menambah pengalaman sih oke sih.

Lalu bagaimana agar dapat uang dari ngeblog tapi pasti?. Ada solusi nih, caranya ya cari blog besar, media digital, yang memberikan honor kepada penulisnya. Banyak sekali contohnya, dari berita aktual, sastra, hingga hal lain sesuai nice blog tersebut. Saya sebut satu nih ya sob, misal DNK.ID.  Media ini berhonor loh. Mau tahu? Langsung saja cus ke halamannya.

Kalian bisa coba nih mengirim tulisan-tulisan sobat pada media-media tersebut. Selain tanpa modal (uang), tanpa merawat, tanpa mikir SEO, tapi langsung berpenghasilan. Ya, kalau diterima editornya sih. Heuheuheu.

Tetap semangat. Salam blogger.

DMCA.com Protection Status

Comments