PANDEMI KORONA, DI RUMAH AJA, ENAKNYA NGAPAIN?

PANDEMI KORONA, DI RUMAH AJA, ENAKNYA NGAPAIN?

Sudah dua belas hari ini, pemerintah mengeluarkan edaran untuk tinggal di rumah, boleh keluar kalau memang penting saja. Kalaupun harus keluar, jaga keamanan dengan memakai masker dan melakukan social distancing ataupun pisikal distancing. Artinya, kita harus menjaga jarak minimal 1,5 meter antar manusia.

Sebagai masyarakat yang patuh pada himbauan pemerintah, kita sepatutnya semaksimal melaksanakan himbauan tersebut. Tidak perlu keluar, di rumah saja (stay at home) bro. Wah, kaum rebahan bisa sorak bergembira nih.

Bagi kita yang tidak terlalu terbiasa di rumah, pastinya sering mengalami kebosanan. Rebahan mulu. Membosankan pastinya. Nah, dalam masa di rumah aja ini, apa yang bisa kita lakukan? Berikut beberapa hal yang bisa kita kerjakan. Pastinya menurut versi saya. Hihihi.

1. Menyelesaikan Tanggungan Kerja atau Tugas
Seringkali, kita terbebani oleh banyak tugas. Semakin hari semakin banyak. Tugas hanya tertulis pada runtutan daftar tugas. Kian lama kian tidak jelas ketuntasannya. Pernah merasakannya? Kalau iya berarti kita senasib. Hihihi.
Nah, masa di rumah ini rasanya cocok untuk menuntaskan pekerjaan atau tugas-tugas yang tertunda tersebut. Kita bisa kerjakan dari yang paling mudah dan cepat selesainya. Bisa juga dari mood kita, kira-kira mana yang akan kita kerjakan terlebih dahulu. Pelan tapi pasti, tugas-tugas itu terselesaikan.

2. Membaca Buku
Jika tugas-tugas sudah kelar. Kita bisa melanjutkan pada kegiatan yang menyenangkan (menurut kita). Bagi seseorang yang hobi membaca buku, biasanya harus tertunda karena kesibukan atau padatnya kegiatan. Saat ini adalah masa yang tepat untuk melaksanakannya. Baca buku dari kriteria yang kita suka. Ilmiah atau sastra, mungkin hanya berupa bacaan-bacaan ringan yang menghilangkan rasa takut dan stress karena virus korona.

3. Menulis
Selain membaca, terkadang kita ingin menuliskan tentang ide-ide atau gagasan. Sebagai tindak lanjut dari apa yang kita baca. Mulailah dengan kegiatan menulis. Tidak perlu yang panjang-panjang, satu halaman saja misalnya. Atau, bisa juga menulis di blog atau apapunlah yang penting mulai menulis. Disini kita bisa mulai memperbanyak tulisan-tulisan tanpa takut salah. Karena kalau tidak dicoba kapan menulisnya?

4. Membuat Konten Youtube
Nah, bagi yang tidak suka menulis, namun hobinya di edit video atau merekam kegiatan tutorial. Masa di rumah ini bisa dimaksimalkan untuk membuat konten video di youtube. Apalagi kalau channel sudah monetize, ya kan? Sudah, kebut saja. Gas pol gan!.
Jika sehari bisa menghasilakan 1 video saja, maka 14 hari sudah bisa 14 video dong. Nah, jika jadwal uploadmu dua kali seminggu, wah sudah berapa bulan itu video jadi stok persediaan.

5. Bermain Game
Yang terakhir bagi saya nih, jarang dilakukan sih sejak beberapa tahun ini. Iya, bermain game. Serius mulu juga bosan gan. Sekali-kali bermain game boleh kok. Tapi jangan sampai kecanduan, berat gan. Nah, bermain game ini ternyata terbukti efektif untuk mengurangi kecemasan. Melihat berita yang megangkan terus juga bisa timbul psikomatik loh, sekali-kali selingi dengan bermain game.
Kalau boleh tahu, game apa nih yang kamu suka?

6. Mendekatkan diri pada Tuhan
Oh iya, nomor enam ini tambahan. Hehehe. Kalau 5 kegiatan di atas sebagai kegiatan duniawi, hal keenam ini berhubungan dengan akhiratnya. Kata Gus saya nih, manusia hanya bisa berusaha, lakukan apapun untuk mencegah, dan ikuti apa kata ulil amri. Tapi ingat, yang terakhir adalah pasrah alias tawakal diiringi dengan berdoa.
Nah, disaat pandemi seperti ini, mari kita berdoa dan meminta pertolongan kepada Allah SWT. Di media sudah banyak beredar bacaan-bacaan menurut beberapa ulama. Tinggal laksanakan yang sesuai dengan hati kita, pastinya juga dari ulama yang kita percayai ya boskuh.

Demikian agan-agan, sobat-sobat, gaes-gaes, semua. Beda orang pastinya beda cara mengisi kebosanan bukan? Intinya, mari kita isi dengan kegiatan-kegiatan yang bisa bermanfaat. Kita sama-sama berdoa agar pandemi virus korona ini segera berakhir, sehingga kita bisa menyambut bulan Ramadhan dengan hati yang gembira. Aamiin.

sumber foto pixabay

DMCA.com Protection Status

Comments