8 CARA MEMBUAT KELAS ONLINE MENJADI MENARIK

8 CARA MEMBUAT KELAS ONLINE MENJADI MENARIK

Masa pandemi mengubah segala aspek kehidupan, tak terlepas dunia pendidikan. Pembelajaran yang biasanya terlaksana dengan tatap muka harus berganti dengan pembelajaran daring atau yang biasa dikenal dengan kelas online.

Kelas online yang disajikan guru saat ini, banyak yang kurang maksimal. Kita harus tahu bahwa menciptakan kelas online yang menyenangkan adalah salah satu hal penting dalam pembelajaran. Hal ini pastinya agar siswa tidak bosan, tidak tertekan tugas, dan materi mudah diterima oleh siswa meski terpisahkan jarak nyata. Bagaimana menciptakan kelas online yang menarik?.

Berikut tips mengajar kelas online yang menarik dan interaktif:

1. Pilih E-Learning yang Tepat

Kehadiran berbagai macam E-learning di Indonesia sangat mendukung dunia pendidikan. Terlebih lagi, E-learning menjadi solusi bagi pihak sekolah untuk melancarkan proses belajar mengajar dari rumah sejak pandemi merebak di Indonesia. 

Guru harus mengetahui kelebihan dan kekurangan dari berbagai E-learning yang ada. Jika sudah melakukan observasi, tentu saja selanjutnya guru dapat mengetahui E-learning mana yang tepat untuk digunakan.

2. Rancang Metode Belajar dengan Baik

Tanpa perencanaan metode belajar yang baik, justru akan membuat siswa terbebani. Apalagi jika guru hanya fokus membuat materi belajar online dengan cara yang sama setiap harinya dan selalu memberikan tugas. Jika guru menggunakan metode belajar seperti ini, praktis memberatkan siswa.

Jika guru sudah menjalani kelas online, tentu Anda dapat mengetahui metode belajar seperti apa yang tepat untuk dipraktekkan sesuai dengan karakter para siswa. Agar tak salah, lakukan observasi setiap kelas online dimulai. 

3. Tentukan Media yang Tepat

Foto, video, infografis dan voice note adalah sebuah media yang memang sangat mendukung penyampaian materi kelas online. Namun, tentu tak harus semua media digunakan untuk menyampaikan satu materi.

Guru dapat menentukan media yang tepat ketika memberi pelajaran. Jika memang video dan infografis saja sudah cukup, guru tak perlu lagi menambahkan media lainnya jika memang kurang efisien.

4. Penyajian Materi dengan Ringkas

Dalam pembelajaran daring, materi tidak perlu tertulis secara panjang lebar. Apalagi hanya memindahkan teks dari buku ke power point atau media lainnya. Gunakan inti dari materi secara ringkas. Hal ini bisa dilakukan dengan menyajikan dalam bentuk gambar ringkasan atau apapun yang membuat siswa lebih mudah memahami materi yang akan disampaikan.

5. Lakukan Pendekatan dengan Murid

Pepatah tak kenal maka tak sayang adalah ungkapan yang tepat untuk menggambarkan situasi saat ini. Guru tak hanya mengetahui siapa saja muridnya, melainkan mengenal mereka. Guru sebaiknya menanyakan kabar para murid yang sudah online sebelum menjelaskan materi. Cara ini diharapkan untuk membangun kedekatan antara murid dan guru.

Melakukan pendekatan dengan murid adalah hal utama jika guru ingin menciptakan kelas online yang hangat dan menyenangkan. Jika murid mengetahui gurunya memberikan perhatian dan mampu menjadi pendengar yang baik, tentu mereka akan menikmati proses belajar dari rumah dengan nyaman. Suasana pun lebih mencair dan tak terasa kaku.

6. Beri Ruang Interaksi untuk Murid

Jika saat di sekolah murid hanya fokus kepada guru yang sedang menjelaskan materi pelajaran, kini Anda harus mengubahnya menjadi lebih fleksibel. Kurangi ketegangan dan cairkan suasana dengan memberi waktu 10 menit agar murid bisa berinteraksi. 

Namun agar suasana tetap kondusif, guru dapat membuat sebuah diskusi kelompok atau tanya jawab. Atau jika Anda ingin suasana lebih mencair, guru bisa menanyakan hobi salah satu murid yang mungkin saja dapat memancing obrolan baru antar murid.

7. Buat Kuis Interaktif

Selain berdiskusi, guru juga dapat membuat kuis interaktif menggunakan berbagai aplikasi. Dengan membuat kuis, guru bisa mengetahui sejauh mana murid menyimak materi. Selain itu, dengan membuat kuis interaktif menggunakan aplikasi, suasana kelas online jadi lebih seru.

Tanpa sadar, mereka akan lebih giat belajar dan benar-benar menyimak materi yang disampaikan Sehingga ketika sesi kuis interaktif diadakan, murid akan merasa terdorong untuk mendapatkan nilai terbaik di antara murid yang lain.

8. Beri Apresiasi kepada Murid

Secara global, semua siswa di berbagai dunia harus menjalani kelas online tanpa dapat bertemu teman dekat secara tatap muka. Apalagi harus tetap mengikuti pelajaran dengan disiplin dari rumah dengan berbagai distraksi. 

Karena itulah, guru juga harus memberi apresiasi kepada murid. Cara ini diharapkan agar siswa dapat menyadari bahwa, selain orang tua dan sahabat,  guru juga menjadi support sistem mereka.

kegiatan pembelajaran tatap muka

Demikian, semoga kita bisa selalu mengemas pembelajaran menjadi semenarik mungkin di era pandemi seperti saat ini.

DMCA.com Protection Status

Comments