CONTOH FORMAT LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI

CONTOH FORMAT LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI


Sebagai guru, pastinya kita dituntut untuk meningkatkan empat kompetensi sesuai dengan aturan yang berlaku. Salah satunya yaitu keikutsertaan guru dalam pendidikan dan pelatihan. Permasalahannya, kita sering lupa untuk mendokumentasikan dan membuat laporan pengembangan diri dalam keikutsertaan diklat. Banyak faktor penyebab, satu diantaranya yaitu tidak tahu cara membuat laporan pengembangan diri. Berikut admin berikan contoh laporan pengembangan diri, yang nantinya bisa digunakan untuk pengajuan kenaikan pangkat atau pelampiran dalam portofolio.
Contoh format laporan pengembangan diri

COVER

HALAMAN PENGESAHAN

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

BAB I
PENDAHULUAN

A.   LatarBelakang
Guru sebagai tenaga pendidik profesional adalah guru yangt tidak merasa puas dengan pengetahuan dan ketrampilan yang sudah dimiliki. Seorang guru profesional hendaklah berusaha mengembangkan pengetahuan dan ketrampilannya sehingga layanan yang diberikan kepada peserta didik adalah layanan yang berkualitas.
Tugas seorang guru tidak hanya dituntut untuk memiliki kinerja yang baik dalam melaksanakan tugas mengajar, mendidik, dan melatih peserta didik saja melainkan juga harus melakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan.
Berbagai hal bisa dilakukan seorang guru untuk dapat meningkatkan keprofesiannya. Menurut Permeneg PAN RB no. 16 Tahun 2009. Guru dapat mengembangkan keprofesian berkelanjutan melalui tiga komponen yaitu : 1) melakukan Pengembangan diri, 2) melakukan publikasi ilmiah, dan 3) menemukan dan menciptakan karya inovatif. 
Kegiatan pengembangan diri bisa dilakukan melalui dua kegiatan yaitu diklat fungsional dan kegiatan kolektif guru. Semua kegiatan yang dilakukan oleh guru di kelompok kerja atau MGMP termasuk ke dalam kegiatan kolektif guru sedangkan kegiatan lain di luar MGMP termasuk diklat fungsional.
Seorang guru yang melakukan pengembangan diri atau kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan lainnya disamping akan dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan sebagai guru juga dapat penghargaan angka kredit yang diperhitungkan untuk pengembangan kariernya. 

B. Tujuan
Berdasarkan paparan di atas pengembangan diri dilakukan oleh penulis dengan tujuan :
a.Mendapatkan pengetahuan dan ketrampilan untuk dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada peserta didik.
b.Mengumpulkan angka kredit yang disyaratkan untuk kenaikan pangkat/ jenjang setingkat lebih tinggi.
c.Mendapatkan nilai yang disyaratkan untuk kenaikan pangkat.

C.  Manfaat
Manfaat yang diharapkan dari kegiatan pengembangan diri ini antara lain adalah sebagai berikut:
1.Bagi Peserta Didik,  akan memperoleh jaminan pelayanan dan pengalaman belajar yang lebih efektif.
2.Bagi Guru, dapat memenuhi standar dan mengembangkan kompetensinya sehingga mampu melaksanakan tugas-tugas utamanya secara efektif  sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik untuk menghadapi kehidupan di masa datang.
3.Bagi Sekolah, akan mampu memberikan layanan pendidikan yang berkualitas kepada peserta didik.
4.Bagi Orang Tua/ Masyarakat, akan memperoleh jaminan bahwa anak mereka mendapatkan layanan pendidikan yang berkualitas dan pengalaman belajar yang efektif.
5.Bagi Pemerintah, akan memberikan jaminan kepada masyarakat tentang layanan pendidikan yang berkualitas dan profesional.

BAB II
PELAKSANAAN KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI


Dalam kurun waktu ... tahun akhir hingga ..... 2018, penulis telah mengikuti 28 (dua puluh delapan) kegiatan pengembangan diri dengan rincian sebagai berikut:

1. Diklat ...
2. Diklat ...
3. Diklat ...
4. dan seterusnya

 BAB III
PENUTUP


Demikian contoh format laporan pengembangan diri, semoga bermanfaat.

Comments