CONTOH PORTOFOLIO GUPRES SD

CONTOH PORTOFOLIO GUPRES SD


Perlombaan yang termasuk kategori berat, salah satunya adalah Gupres (Guru Berprestasi). Pasalnya, dalam perlombaan ini, peserta dituntut memenuhi 4 kriteria kompetensi yang harus dimiliki oleh guru, antara lain kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi pedagogik, dan kompetensi profesional.

Untuk memenuhi kriteria tersebut, guru berprestasi harus bisa menyajikannya dalam beberapa aspek perlombaan, antara lain: portofolio, KTI (karya tulis ilmiah), tes tulis, psikotes, presentasi KTI, dan wawancara.

Pada kesempatan ini, saya ingin berbagi dalam hal penyusunan portofolio. Format yang saya lampirkan merupakan portofolio pribadi yang sudah masuk pada tingkat Provinsi Jawa Timur. Untuk kategori Guru SD, portofolio berhasil menduduki peringkat pertama. Namun, pada akumulasi total, saya harus mengakui kelebihan pesaing-pesaing dari kota/ kabupaten lain yang lebih berhak untuk maju di tingkat nasional. Dalam bahasa lain saya, Tuhan lebih mengamanahkan tugas tersebut kepada yang lebih berhak, karena Tuhan memiliki rencana lain untuk saya di waktu mendatang. Heuheu.

Perlu dicatat, bahwa guru berprestasi tidak bisa hanya mengandalkan portofolio saja. Perhatikan lebih seksama aspek lain yang justru sering terabaikan. Seorang guru berprestasi harus memiliki kelebihan khusus untuk ditampilkan di hadapan dewan juri. Catatan saya, dalam berlomba, sombonglah, tunjukkan semua kelebihan Anda. Kalau tidak, jangan berharap Anda meraih kemenangan. Heuheu (ini bercanda tapi serius).

Baik, untuk portofolio tersebut bisa dilihat secara rinci pada tautan di bawah ini.

DOWNLOAD PORTOFOLIO GUPRES SD

Comments