CONTOH NASKAH LOMBA INOBEL

CONTOH NASKAH LOMBA INOBEL

Setelah saya pernah membagikan contoh portofolio gupres SD, ternyata banyak teman-teman yang juga ingin mengetahui lebih lanjut contoh naskah lomba inobel.


Seperti kita ketahui bersama bahwa INOBEL (Inovasi Pembelajaran) merupakan perlombaan tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Kesharlindung, baik dikdas dan dikmen. Perlombaan ini saya katakan hampir setara dengan GUPRES dan OGN. Meski, karakteristik ketiga perlombaan ini berbeda.

Pada perlombaan Inobel, peserta diharapkan menyajikan inovasi dan kreativitas dalam mengelola pembelajaran, baik dengan media pembelajaran, metode pembelajaran, ataupun lainnya. Inovasi ini dirangkum dalam bentuk karya tulis yang menampilkan latar belakang, landasan teori, pembahasan, dan kesimpulan dengan diperkuat dengan bukti data dan dokumentasi valid.

Dalam penulisan artikel, perlombaan inobel ini mempunyai gaya selingkung sendiri yang dijabarkan dalam juknis perlombaan. Seingat saya, pada tahun 2018, bisa dirincikan sebagai berikut:

JUDUL
1. Ditulis dengan huruf kapital dalam bahasa Indonesia, kecuali istilah asing ditulis dalam cetak miring.
2. Menggunakan huruf “Times New Roman” dengan ukuran 12, spasi 1,5.
3. Singkat, jelas, padat, dan informatif.
4. Maksimum 20 kata.

ABSTRAK
1. Memuat secara ringkas tujuan, metode, hasil, dan simpulan karya inovasi pembelajaran
2. Memuat 2–5  kata kunci
3. Ditulis dalam 200 - 250 kata dalam satu paragraf
4. Spasi 1 (single)

PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Menjelaskan kondisi yang diharapkan/das sollen, kenyataan yang ada/das sein, dan gagasan/solusi yang ajukan serta urgensi pencapaian tujuan pendidikan nasional. 
2. Rumusan Masalah
Menggambarkan permasalahan pembelajaran yang menyebabkan ketidaktercapaian tujuan pembelajaran. 
3. Tujuan
Berisi butir-butir sasaran inovasi pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai.
4. Manfaat 
Menggambarkan manfaat dari implementasi hasil karya inovasi dalam pembelajaran.

LANDASAN TEORI
A. Konsep/Teori yang Melandasi Karya Inovasi Pembelajaran
Membahas berbagai teori yang in line dengan variabel-variabel dalam kajian. 
Mengemukakan teori yang melandasi penyusunan karya inovasi pembelajaran untuk mengatasi atau memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat
dicapai secara optimal. 
B. Hasil Inovasi yang Relevan
Mencatumkan sekurang-kurangnya 2 hasil penelitian atau karya inovasi orang lain yang relevan dengan ide dasar naskah peserta inobel

KARYA INOVASI PEMBELAJARAN
1. Ide Dasar
Pernyataan yang melandasi pemikiran dan gagasan, atau hal yang mengispirasi produk yang dikembangkan. Penjelasan tentang konsep dasar dan pendekatan teoretik dalam perencanaan karya inovasi pembelajaran, jenis inovasi pembelajaran, desain/rancang bangun, dan definisi operasional karya inovasi pembelajaran. Penjelasan tentang keaslian inovasi pembelajaran.

2. Rancangan Karya Inovasi Pembelajaran
Tahapan perancangan dari ide dasar, yang berisi alternatif bentuk karya inovasi pembelajaran yang diperoleh dari implementasi teori. Pada bagian ini juga memuat tentang kespesifikan/keunikan inovasi pembelajaran.

3. Proses Penemuan/Pembaruan
Penjelasan mekanisme kerja yang digunakan dalam implementasi ide dasar rancangan inovasi pembelajaran, mencakup prototipe, simulasi, pemodelan, dan lain-lain. Bagan alir tentang proses penyusunan/pembuatan karya inovasi pembelajaran dibuat secara sistematis mencakup masukan, proses, dan keluaran. Penjelasan tentang kebaharuan inovasi pembelajaran.

4. Aplikasi Praktis dalam Pembelajaran
Penjelasan penerapan produk inovatif yang memunculkan kompetensi unggulan pada kegiatan pembelajaran di dalam maupun di luar kelas.

5. Data Hasil Aplikasi Praktis Inovasi Pembelajaran
Penjelasan tentang hasil penerapan/praktik inovasi pembelajaran dalam wujud data kuantitatif maupun kualitatif.

6. Analisis Data Hasil Aplikasi Praktis Inovasi Pembelajaran
Pembahasan yang didasarkan atas data kuantitatif maupun kualitatif yang diperoleh pada saat aplikasi praktis inovasi pembelajaran.

7. Diseminasi
Penyajian hasil penyebarluasan hasil karya inovasi pembelajaran dalam forum ilmiah minimal pada rekan sejawat atau  KKG. Pada bagian ini dapat dideskripsikan tentang tanggapan atau umpan balik dari peserta diseminasi

PENUTUP

DAFTAR PUSTAKA

Nah, kawan, secara lengkapnya bisa dilihat atau diunduh pada contoh naskah inobel di bawah ini. Naskah tersebut merupakan naskah juara 1 pada perlombaan inobel tahun 2017 milik saudara Fajar Tri Laksono dari SD Pembangunan Jaya. Beliau guru yang baik hati dan pastinya kawan ngopi ketika workshop dan final Inobel kala itu. heuheu.

Semoga bermanfaat.


CONTOH NASKAH LOMBA INOBEL

Comments