5 HAL YANG PERLU DIPERSIAPKAN DALAM OGN 2019

5 HAL YANG PERLU DIPERSIAPKAN DALAM OGN 2019

Perlombaan untuk guru, baik guru pendidikan dasar ataupun pendidikan menengah memang sangat banyak. Baik yang berjenjang dari tingkat kecamatan hingga nasional atau yang langsung dikelola oleh kementrian pendidikan dan kebudayaan melalui laman kesharlindung.

Kali ini saya akan sedikit bercerita tentang pengalaman mengikuti OGN (Olimpiade Guru Nasional). Saya mencoba mengikuti perlombaan ini karena penasaran dengan jenis soal yang dilombakan, padahal saya adalah guru yang pas-pasan atau bolehlah dikatakan sebagai guru gagal.

Rasa penasaran itu saya wujudkan dengan mendaftar OGN pada tahun 2018. Alhasil, saya mewakili kabupaten di tingkat provinsi. Eits, tunggu dulu. Saya lolos ini karena ya memang tidak ada yang mendaftar, bukan karena saya mahir. heuheu.
5 hal yang dipersiapkan dalam OGN

5 Hal yang Perlu dipersiapkan dalam OGN 2019
Nah, apa saja sih yang harus dipersiapkan dalam perlombaan OGN?
Baik, saya coba menjabarkan hal-hal yang perlu dipersiapkan sebagai berikut:

1. Membuat akun kesharlindung
Hal yang paling utama adalah membuat akun kesharlindung, jika saudara guru pendidikan dasar berarti membuat akun di kesharlindungdikdas, dan jika saudara guru pendidikan menegah maka membuat akun di kesharlindungdikmen.
Menurut kabar terakhir, laman kesharlindung ini masih mengalami perbaikan, dan menurut kabar dari admin kesharlindung, rencana laman kesharlindung akan diubah dengan domain baru. Lalu apa domainnya? Sabar, nanti akan saya update jika sudah mendapatkan informasi yang valid.
Lalu bagiamana dengan akun yang sudah dibuat di kesharlindung? Tidak apa, karena profil akun masih tersimpan dalam data kesharlindung yang secara otomatis akan mengikuti pada domain yang baru.
Jadi, tunggu apa lagi? yang belum membuat segera buat ya Sob, geratuuiiiiis tis tis.

2. Mengisi profil
Setelah akun sudah dibuat, isilah profil kalian pada akun tersebut, mulai dari nama, nip, nuptk, pangkat, golongan, alamat sekolah, dan informasi lainnya yang dibutuhkan. Ini penting, jangan sembarangan mengisi karena akan berhubungan dengan pihak berwenang, ups maksud saya berhubungan dengan konfirmasi kegiatan dan piagam.
Oh iya, jangan lupa cek secara berkala informasi profil kalian, bisa jadi ada perbaikan server dan mengubah data kalian. Sering-seringlah mengunjungi laman ini, selain untuk memantau informasi juga memantau kevalidan data.

3. Mengirim file data yang dibutuhkan
Hal lain yang harus dipersiapkan adalah softfile administrasi data yang dibutuhkan panitia. Dalam OGN yang harus dilampirkan lumayan banyak. Tapi semua sudah ada formatnya Sob, jadi tinggal unduh, edit, dan kirimkan. Mudah bukan?
Oh iya, jangan lupa melihat aturan file ya Sob, jika yang diminta PDF ya kirim file PDF, termasuk ukuran file dan aturan kepenulisannya.

4. Menyiapkan data tambahan atau penunjang
Menurut pengalaman di tahun 2018, selain file yang diunggah tersebut, ternyata dalam pelaksanaan di provinsi juga dibutuhkan file-file tambahan. Apa saja? Ternyata file-file yang tidak diupload dalam akun harus dibawa pada saat perlombaan di tingkat provinsi. Jadi, lebih baik sedia payung sebelum disiram orang, hehe.
Bawa semua berkas penting sebagai penunjang pada saat perlombaan.

5. Belajar dan bedoa
Nah, hal terakhir yang harus disiapkan adalah materi dan keberuntungan, dalam hal ini Sobat harus belajar dan berdoa. Tapi jangan bersamaan waktunya ya Sob, nanti bisa menjadi gila, membaca materi tapi dilagukan seperti tilawatil, heuheu.
Materi yang dipersiapkan yaitu sesuai bidang lomba, jika guru kelas pada tahun 2018 ya semua mata pelajaran baik pedagogik ataupun profesional.
Menurut juknis tahun ini, untuk SD terbagi menjadi dua kelompok yaitu Tematik dan Matematika. Sobat tinggal pilih mana yang Sobat gemari. Kalau saya, lebih gemar ngopi daripada kedua bidang tersebut.
Nah, nanti tematik berarti harus mempelajari pedagogik dan profesionalnya Sob, begitu juga dengan Matematika. Hati-hati Sob, jangan sampai migrain ya, sebelum lomba makan yang cukup terlebih dahulu.
Selain belajar, jangan lupa berdoa. Ya sebisanya, kalau saya ya cukup basmalah saja, heuhe.

Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk teman-teman yang budiman sekalian. Salam hormat dari saya.

DMCA.com Protection Status

Comments