SOAL OGN SD BIDANG TEMATIK TAHUN 2019

SOAL OGN SD BIDANG TEMATIK TAHUN 2019

Tahun 2018, saya pernah mengikuti seleksi OGN jalur berjenjang karena pada waktu itu semua pelaksanaan seleksi melalui jalur tersebut, baik yang terdaftar di kabupaten atau yang mendaftarkan diri secara pribadi melalui lama kesharlindung.

Pada tahun 2019, ternyata pelaksanaan seleksi OGN dibuka melalui dua jalur, yakni jalur berjenjang melalui kabupaten/ kota masing-masing atau jalur terpusat melalui beberapa alur seleksi (bagi kabupaten/ kota yang tidak mengadakan).

Ujian online OGN SD jalur terpusat
Tahun 2019 pun terjadi perubahan bidang lomba OGN, jika di tahun sebelumnya hanya bidang guru kelas, kali ini terbuka dua bidang yakni, matematika dan tematik. Hal ini membuat saya penasaran, bidang tematik itu yang seperti apa?. Karena rasa penasaran tersebut, saya meberanikan diri untuk mencari pengalaman baru di bidang ini. Sebenarnya OGN bidang tematik ini seperti apa sih.

Nah, dari pengalaman saya, setelah mengikuti alur pendaftaran di laman kesharlindungpgdikdas, saya terpilih sebagai peserta ujian online.

OGN SD TEMATIK 2019

Tahapan seleksi jalur terpusat sebagai berikut:
1. Apply kegiatan
Tahap ini sangat mudah ya Sob, jika sudah punya akun, kalian tinggal pilih OGN jalur terpusat dan klik "apply kegiatan"

2. Seleksi administrasi
Setelah apply kegiatan, kalian akan diminta persyaratan administrasi mulai dari surat izin kepala sekolah, surat pernyataan, dan beberapa syarat lainnya.

3. Seleksi artikel singkat
Jika seleksi administrasi dinyatakan lolos, kalian akan diminta untuk mengunggah tulisan singkat berbentuk esai. Ya, pastinya tentang pembelajaran ya Sob. Jangan politik. Ingat, catat!

4. Peserta terpilih
Setelah artikel semua peserta terkumpul, maka admin akan mengumumkan peserta yang terpilih. Kalian tidak perlu bingung menunggu pengumuman, cukup pantau saja akun kalian masing-masing. Sobat dapat melihat langsung pengumuman di akun masing-masing.

5. Ujian online
Ujian online memang terkesan bagaimana gitu ya, selain harus punya koneksi internet yang stabil, kalian juga butuh secangkir kopi, camilan, untuk menemani ujian (tidak wajib). Heuheu.
Ujian online ini sebenarnya cukup mudah, dengan soal dan durasi waktu yang cukup, Sobat bisa mengerjakan hingga semua soal terselesaikan.

6. Pengumuman 6 terbaik
Terakhir, dari beberapa tahapan tersebut, jalur terpusat akan dipilih 6 terbaik dari masing-masing bidang. Nantinya, akan dicampur dengan jalur berjenjang di tingkat nasional.

Dari pengalaman saya, soal OGN bidang tematik mencakup materi sebagai berikut:

Soal OGN 2019 tematik

Generalisasi desktiprif
Rangkaian listrik
Frekuensi dan periode
Ciri teratai
Pembelajaran di luar kelas
Fungsi sosiologi sd
Kalimat efektif
Susunan pidato
Fungsi karbohidrat
Fungsi kebhinekaan
Penyebab angin laut
Titik didih air (kalor jenis)
Kerja sama politik bebas aktif
Pernyataan yg sesuai dengan bacaan
Analisa bacaan (penyebab turun minat baca)



Demikian sobat, semoga pengalaman ini bisa menjadi referensi untuk sobat sekalian. Dan, pada akhirnya guru-guru se-nusantara tidak ragu untuk mencoba. Apapun hasilnya, pasrahkan saja. Pengalaman berkompetisi atau mencoba kompetisi adalah pengalaman yang "gurih-gurih nyoi" loh. Yuk lah, habis ini cus kita coba bersama.

DMCA.com Protection Status

Comments